WHAT'S NEW?
Blog inspirasi dari kehidupan sehari-hari

5 Gerakan Yoga Anti Penuaan

Penuaan adalah suatu proses yang pasti dialami oleh semua orang. Ada beberapa faktor yang memperngaruhi proses penuaan yaitu faktor fisik dan kesehatan seseorang. Salah satu kegiatan yang mampu menunda proses penuaan adalah yoga, ya dengan rutin melakukan gerakan yoga diyakini bisa menunda proses penuaan. Berikut 5 gerakan yoga anti penuaan yang bisa Anda coba dirumah.

1. Membungkuk
Cobalah berdiri tegak dengan tangan disisi Anda dan rapatkan kaki. Angkat tangan lurus di atas kepala lalu satukan hingga membentuk anjali mudra. Lalu membungkuk, usahakan tangan menyentuh lantai, tempatkan tangan pada lantai jika memungkinkan dan tahan posisi ini selama beberapa detik llalu bangkit.



2. Mengangkat kaki di dinding
Duduk dekat dinding dan luruskan kaki. Mulailah berbaring dengan lembut dan posisi kaki tegakkan pada dinding dan bawalah pantat mendekat ke di dinding. Istirahatkan lengan di sisi tubuh Anda dan telapak tangan menghadap ke atas. Selipkan perut dan mulailah untuk mengatur pernapasan Anda.


3. Duduk Berputar
Duduk tegak di lantai dan silangkan kaki serta lengan dipanjangkan. Usahakan ujung jari menyentuh lantai. Duduk tinggi sampai panjang tulang belakang. Angkat lengan ke atas kepaladan memutar badan serta kepala ke arah kanan. Tempatkan telapak tangan Anda ke lutut sebelah kiri dan tangan kiri ke belakang Anda. Tahan posisi ini selama 1 menit dan ulangi untuk arah sebaliknya.



4. Berjongkok
Berjongkok dengan  kaki selebar pinggul. Tempatkan tangan di Anjali Mudra, lipat lutut sepenuhnya hingga tulang duduk mendekati lantai. Pastikan tulang duduk tidak menyentuh lantai. Pastikan berjongkok dengan kuat dan bahu berada diantara lutut. Regangkan tangan ke depan lantai untuk keseimbangan dan perlahan berdiri.


5. Menghadap ke bawah
Mulailah dengan posisi menghadap ke bawah seperti meja. Pindahkan telapak tangan ke depan sehingga tangan berada di depan bahu dan tempatkan telapak tangan dengan kuat. Angkat pinggul Anda ke atas, luruskan kaki, dorong pusar ke arah tulang belakang. Usahakan posisi tubuh Anda seperti Huruf V terbalik. Siku dan lutut jangan sampai menekuk, menatap kaki, ambil napas dalam-dalam dan tahan posisi ini selama 30 detik.